Pengertian Ancaman Bagi Suatu Negara dan Contohnya

Ancaman Bagi Suatu Negera perlu adanya strategi untuk menyelesikannya. Hal ini bertujuan untuk tetap mempertahankan negara yang sudah terbentuk. Untuk bisa menyelesaikan berbagai ancama yang terjadi perlu juga adanya semboyan untuk mepersatukan jiwa dalam memiliki negara.

Seperti halnya pepatah mengatakan, “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Peribahasa tersebut berlaku juga untuk keutuhan suatu negara. Jika semua warganya berjiwa memiliki negara tentunya akan membantu dalam menyelesaikan berbagai ancaman yang datang.

Ancaman bisa terjadi baik dari dalam negri ataupun di luar negri. Untuk itu perlu adanya rasa persatuan dan juga kesatuan suatu negara. Hal tersebut berlaku juga di negara Repbulik Indonesia. Apalagi negara RI ini memliki banyak suku dan juga budaya. Jangan sampai perbedaan yang ada ini justru menjadi ancaman bagi negara RI. Sesuai dengan semboyan dari NKRI “ Bhineka tunggal ika”. Walaupun berbeda-beda suku, ras, budaya tapi kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia.

Baca juga : Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman Militer Negara Lain

Indonesia sebenarnya tidak hanya kaya akan budaya dan juga suku, tapi alam yang di miliki NKRI juga banyak. Karena kekeyaan alam dan juga kekayaan budaya ini menjadikan wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia. Mereka penasaran dengan berbagai budaya yang ada dan juga alam yang ada. Kenapa? Karena tidak semua negera kaya akan budaya dan juga alam seperti halnya negara Indonesia.

Pengertian Ancaman Bagi Suatu Negara

Sebenarnya ancaman itu apa? Sebelum berlanjut ke jenis-jenis ancaman harus mengetahui apa itu Pengertian Ancaman. Salah satu usaha yang di lakukan untuk mengubah ataupun merombak suatu kebijakan yang sudah terkonsep dalam suatu negara itu bisa disebut sebagai ancaman. Ada yang berupa ancaman dalam negeri dan ada juga dari luar negeri.

Tujuan dari adnaya ancaman ini adalah untuk merubah negara yang awalnya damai menjadi berantakan dan hancur. Untuk itu di butuhkan adanya persatuan dan kesatuan dalam menyelesaikan berbagai ancaman yang terjadi. Ancaman Bagi Suatu Negera bisa melalui tindak politis ataupu kriminal. Untuk itu berbagai masalah yang terjadi yang tidak sesusai dengan kebijakan negara mudah menjadi jalan untuk menghancurkan kesatuan negara.

Jenis-Jenis Ancaman Bagi Suatu Negara

Ancaman yang terjadi tidak hanya satu jenis, tapi ada bebrrepa jenis ancaman bagi negara. Adapun Jenis-Jenis Ancaman yaitu sebagai berikut:

1. Ancaman militer

Ancama suatu negara yang menjadikan senjata sebagai alat untuk menghancurkan keutuhan wilayah, kedaulatan negara dan keselamtan warga negara. Biasanya ancaman ini suda terorganisasi dengan konsep yang sempurna.

2. Ancaman non milter

Ancama ini tidak menggunakan senjata seperti halnya ancaman militer yang terlihat. Tapi ancamam non militer ini menggunakan sesuatu yang tidak dapat terlihat seperti halnya ideologi suatu negara. Tentunya hal tersebut tidak bisa dilihat secara langsung, tapi dapat dirasakan dampak dari ideologinya.

Baca juga : Cara Menghadapi Ancaman Non Militer (Ideologi, Politik, Sosbud)

Akan muncul berbagai pandangan yang sudah berbeda dengan ideologi pada mulanya. Ancaman non militer bisa berupa ancaman politik, sosial budaya dan juga ekonomi. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Ancaman sosial budaya

Ancaman negara yang dapat memberikan dampak buruk pada generasi penerus bangsa. Budaya yang sudah ada di negera tersebut semakin lama berpindah dengan budaya baru. Hal ini tentunya akan menghilangkan ciri khas dari budaya sosial yang sudah di bentuk sejak nenek moyang.

Sosial dan budaya yang masuk di negara seharusnya bisa disaring lebih jeli lagi. Kenapa? Karena tidak semua sosial budaya itu buruk. Ada juga yang memiliki dampak positif. Perlu adanya pewasapadaan pada sosial budaya yang buruk.

2. Ancaman politik

Ancaman politik ini bisa muncul ketika ada negara lain ikut campur dalam rumah tangga negara. Politik demokrasi seperti hanya bangsa Indonesia ini yang sudah lama di bangun bisa hancur karena adanya ancaman politik. Awalnya demokrasi untuk kepentingan orang banyak dapat berubah menjadi kepentingan pribadi. Hal ini tentunya akan memecah negara kesatuan Republik Indonesia.

4. Ancaman ekonomi

Ancaman ekonomi ini sangat rentan sekali, karena berhubungan dengan kemakumuran suatu negara. Ancaman ekonoimi bisa terjadi di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Contoh-Contoh Ancaman Bagi Suatu Negara

Setelah mengulas jenis-jenis dari ancaman suatu negara termasuk negara Republik Indonesia perlu juga adanya Contoh-Contoh Ancaman. Berikut ini beberapa contoh ancaman suatu negara sesuai dengan jenis-jenis ancaman yang terjadi di suatu negara.

Contoh ancaman militer

  1. Agresi
    Ancaman militer ini menggunakan alat untuk membahayakan kedaulatan dan juga keutuhan suatu negara. Alat tersebut berupa kekuatan bersenjata. Selain itu ancaman ini juga bisa membahayakan keselamatan seluruh warga negara tersebut. Adapun bentuk-bentuknya berupa blokade, bentuk ancaman yang di lakukan di daerah pantai atau pelabuhan yang dilakukan oleh angkatan negara lain. Selain itu bombardemen, ancaman militer yang menggunakan senjata negara lain untuk digunakan di negera sendiri. Invasi, bentuk ancaman militer dengan melakukan penyerangan pada negara sendiri.
  2. Adanya penggunaan pesawat ataupun kapal non komersil
  3. Spionase, ancaman yang berupa mata-mata yang ingin mendapatkan dokumen rahasia militer suatu negara.
  4. Sabotase, ancaman yang dapat merusak instalasi militer atu objek vital nasional suatu negara. Hal ini bisa membahayakan keselamatan seluruh warga negara tersebut.
  5. Terorisme, ancaman bersenjata yang di lakukan oleh jaringan teroris yang terselubung. Hal ini dilakukan dengan adanya kerjasama dari teroris dalam negeri dan teroris luar negeri.
  6. Pemberontakan yang melakukan senjata baik perang saudara ataupun perang antar daerah.

Contoh ancaman non militer

1. Ancaman sosial budaya

Contoh dari ancaman sosial budaya yaitu munculnya sifat hedonisme. Sifat yang mengunnggulkaan kenikmatan pribadi tanpa memperdulikan norma-norma yang sudah ada. Contohnya saja pergaulan bebas, mabuk-mabuka, foya-foya, dan penggunaan narkoba. Adanya gaya hidup yang konsumtif, lebih menyukai produk luar negeri dari pada dalam negeri. Menurunnya nilai keagamaan dalam bermasyarakat.

Baca juga : Pengertian Tantangan Bagi Suatu Negara dan Macamnya

Semakin memudarnya semangat solidaritas, gotong royong, saling peduli yang sudah mendarah daging di negera Indoenisa. Hal tersebut dikarenakan dampak adanya sikap individualisme. Lebih mementingkan diri sendiri dari pada kepentingan umum. Selain itu munculnya gaya hidup barat. Mulai dari model berpakaian, cara berbicara dan juga budaya pergaulan ala-ala barat.

2. Ancaman politik

Ancama politik di Indonesia yaitu korupsi. Ancaman dalam negeri yang dapat menjadikan negara semakin runtuh kemakmurannya. Adanya korupsi ini dapat menghambat kemajuan suatu negara. Adanya konflik SARA yang di kaitkan dengan hubungan politik. Indoneisa yang memiliki ragam budaya dan politik ini bisa terpecah belah. Kestauan yang sudah di bangun sesuai dengan semboyan akan luntur dan musnah.

Adaya penurunan paksa pemerintahan, hal ini bisa berdampak pada krisis ekonomi yang melanda, sistem pemerintahan yang acak-acakan dan terjadi kerusuhan di mana-mana. Adanya pelanggaran HAM, ancamn ini dapat terjadi dalam negeri. HAM menjadi salah satu pandangan masyarakat dunia. HAM juga sangat penting dalam dunia politik di dalam ataupun di luar negeri. Untuk itu Ancaman Bagi Suatu Negera yang berupa HAM ini akan menjadikan dampak buruk di mata dunia.

Referensi Tambahan:

  1. https://guruppkn.com/contoh-ancaman-politik
  2. https://www.firde7.xyz/2017/01/pkn-ancaman-di-bidang-sosial-budaya.html
  3. https://guruppkn.com/contoh-ancaman-terhadap-nkri
  4. https://www.kitapunya.net/2015/08/bentuk-bentuk-ancaman-terhadap-negara.html

Leave a Comment