Apa itu Demokratisasi dalam Negara Demokrasi?

Pengertian Demokratisasi secara umum merupakan suatu bentuk penerapan demokrasi dalam sebuah sistem politik pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Mariam Budiharjo suatu negara yang ingin menerapkan sistem demokrasi politik, maka terlebih dahulu perlu dilakukan pembentukan lembaga demokrasi yang tujuannya untuk menerapkan setiap nilai yang terkandung dalam demokrasi.

Lembaga yang dimaksud seperti lembaga perwakilan rakyat, pemerintah, partai plotik, lembaga peradilan, dan pers. Sebelum membahas makna demokratisasi terlalu jauh, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui dan memahami ciri-ciri demokrasi, yaitu

  1. Proses Perubahan bersifat evolusioner
    Kata evolusioner disini memiliki arti pelan-pelan atau berlangsung lama. Seperti yang diketahui bahwa dalam suatu demokratisasi.
  2. Proses Perubahan bersifat damai
    Sesuai dengan namanya, demokrasi yang satu ini dilakukan dengan cara damai, yaitu tanpa ada kekerasan dan ancaman. Untuk menghindari kejadian kekerasan, ancaman dan sebagainya, maka demokrasi dilakukan secara musyawarah. Musyawarah disini bertujuan untuk mencari solusi terbaik dari perbedaan-perbedaan yang muncul saat terjadi proses perubahan.
  3. Proses perubahan bersifat tidak pernah selesai
    Dalam menuju negara yang memiliki sistem demokrasi, maka diperlukab suatu usaha yang secara terus menerus ataupun bertahap agar mampu mencerminkan negara yang memiliki ciri – ciri sesuai dengan demokrasi.

Prinsip-Prinsip Demokrasi

Alamudin merupakan salah satu tokoh yang yang terkenal dengan julukan soko guru demokrasi. Menurut Alamudin terdapat prinsip-prinsip dalam sebuah demokrasi, yaitu

  1. Adanya hak-hak minoritas
  2. Adanya kedaulatan rakyat
  3. Adanya pemerintahan berdasarkan persetujuan pihak tertentu
  4. Kekuasaan mayoritas
  5. Adanya nilai atau sikap toleransi, kerjasama dan musyawarah.
  6. Adanya persamaan dimata hukum
  7. Adanya pembatasan pemerintah secara konstitusional, dan
  8. Terjadinya pluralisme sosial, ekonomi, dan politik.

Sedangkan untuk sistem Demokrasi Pancasila yang diterapkan oleh Indonesia memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Sistem pemerintahan dilaksanakan berdasarkan hukum
  2. Perlindungan terhadap hak asai manusia
  3. Dalam pengambilan keputusan atas dasar musyawarah
  4. Peradilan yang merdeka.

Faktor-Faktor Mempengaruhi Demokrasi

Dalam menjalankan demokratisasi dalam kehidupan sehari, tentu saja ada tidak selamanya berjalan lancar atau mulus. Terkadang ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkan sistem demokrasi tersebut tidak dapat berjalan secara semestinya. Berikut ini beberapa faktor yang paling umum dapat mempengaruhi atau membatasi pelaksanaan demokrasi, yaitu

a. Kekayaan

Salah satu faktor yang dapat pengaruh besar terhadap demokratisasia adalah kekayaan. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sebuah pembangunan disuatu negara akan mendorong demokratisasi.

b. Kesetaraan Sosial

Faktor selanjutnya adalah kesetaraan sosial. Demokrasi dianggap akan sulit berkembang untuk dilakukan dinegara yang memiliki tingkat kesenjangan yang tinggi. Pada posisi tersebut rakyat dari kalangan menegah kebawah akan kesulitan memberontak atau melawan jika ditemui ketidaksesuaian kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah.

c. Campur Tangan Pihak Asing

Faktor yang berpengaruh besar selanjutnya, yaitu adanya campur tangan dari pihak asing atau intervensi dalam pelaksanaan demokrasi. Hal tersebut terjadi karena pemikiran yang di miliki pihak asing belum tentu sama dengan kebiasaan di suatu negara.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai demokratisasi secara umum. Pada hakikatnya bahwa setiap negara yang menerapkan sistem demokrasi kekuasaan tertinggi dalam negara tersebut berada ditangan rakyat. Seperti yang diketahui bahwa sistem demokrasi sendiri berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Semoga sedikit penjelasan diatas dapat sedikit memberikan gambaran mengenai Pengertian Demokratisasi secara umum.

Sumber :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Demokratisasi

Leave a Comment