Pengertian Hambatan bagi Suatu Negara dan Masalah di Indonesia

Pengertian hambatan bagi suatu Negara adalah hal-hal yang berasal dari diri sendiri yang bersifat  melemahkan dan cenderung menghalangi tercapainya suatu tujuan. Hambatan seringkali kita jumpai dalam kehidupan, baik itu yang menimpa diri sendiri maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sama halnya dengan kehidupan pribadi, Negara sebagai satu kesatuan juga tak luput dari berbagai macam hambatan dan permasalahan. Lantas apa sajakah permasalahan yang kini dihadapi Negara Indonesia? Apa sebenarnya makna hambatan bagi suatu Negara?

Permasalahan-permasalahan yang Terjadi di Indonesia

Pada dasarnya Negara Indonesia kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), baik yang ada di darat maupun laut. Sebagai Negara beriklim tropis, Indonesia mempunyai tanah yang subur yang dapat ditanami bahan pangan sehari-hari. Berbagai jenis tanaman dan pepohonan dapat tumbuh subur.

Ditambah lagi minyak dan gas bumi cukup melimpah. Selain itu Indonesia juga kaya akan budayanya yang unik nan menarik. Mulai dari tarian, lagu-lagu tradisional, budaya, hingga adat istiadatnya menawarkan keindahan tersendiri bagi setiap mata yang memandang.

Baca juga : Pengertian Gangguan Bagi Suatu Negara dan Tujuan Negara Indonesia

Semua itu berasal dari keanekaragaman suku bangsa yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Akan tetapi pada kenyataannya semua anugerah tersebut belum sepenuhnya dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Terbukti hingga saat ini bangsa Indonesia masih berada pada level Negara berkembang. Sebagai Negara berkembang, pasti Indonesia banyak mengahadapi beragam permasalahan. Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya ialah:

1. Permasalahan Penduduk

Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia sulit untuk dikendalikan. Hal itu dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat untuk membatasi jumlah anak dalam satu keluarga. Hampir setiap tahun angka kelahiran tinggi. Jika tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas pendidikan penduduknya, dikhawatirkan akan terjadi ledakan penduduk.

2. Permasalahan Pendidikan

Pendidikan di Indonesia masih berlum merata. Banyak sekolah-sekolah di garis terdepan yang berbatasan dengan Negara lain dan daerah terpencil masih minim fasilitas belajar dan mengajar. Hal itu mengakibatkan terjadinya kesenjangan bagi penduduk dalam memperoleh pendidikan yang layak. Tentu hal itu juga akan berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia.

3. Permasalahan Kesehatan

Kesehatan masyarakat menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Negara berkembang. Fasilitas kesehatan yang masih kurang memadai dengan kualitas yang rendah menjadikan masalah kesehatan hendaknya ditangani dengan serius.

4. Permasalahan Ekonomi

Meningkatnya jumlah penduduk membuat angka kemiskinan semakin tinggi yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan ekonomi. Bagaimana tidak? Pengangguran semakin banyak akibat berkurangnya kesempatan kerja.

5. Pembangunan belum merata

Ketidakmerataan pembangunan disebabkan karena kurangnya pembangunan infrastruktur terlebih jalan raya di daerah-daerah. Pembangunan infrastruktur tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit sehingga kita akan menjumpai perbedaan pembangunan antara di kota dan desa. Hal itu tidak terlepas dari pengaruh pendapatan daerah serta anggaran yang ada.

6. Ketergantungan dengan produk Negara lain akibat dari kurangnya kecintaan terhadap produk dalam negeri sehingga impor barang semakin tinggi.

7. Masih rendahnya kualitas penduduk akibat pendidikan yang tidak merata.

8. Masih rendahnya tingkat produksi

Tingkat produksi barang pada Negara berkembang cenderung lebih sedikit dibandingkan Negara maju. Hal ini disebabkan oleh kualitas sumber daya manusia yang rendah dan kurangnya peralatan untuk mempersingkat waktu produksi. Proses produksi lebih banyak menggunakan tenaga manusia sehingga hasilnya kalah jauh dari produk yang telah mengguanakn mesin.

Baca juga : Cara Menghadapi Ancaman Non Militer (Ideologi, Politik, Sosbud)

Pengertian hambatan bagi suatu Negara

Bagi suatu Negara, hambatan merupakan sesuatu yang dapat menghalangi tercapainya tujuan Negara yang muncul dari dalam Negara itu sendiri. Begitu pula dengan Indonesia, sebagai Negara yang berkembang Indonesia banyak berhadapan dengan hambatan-hambatan yang menghalangi kemajuan bangsa. Hal itu disebabkan adanya beragam persoalan dan permasalahan yang Negara ini hadapi. Seperti halnya hambatan pada bidang ekonomi, social, dan pembangunan.

Faktor-faktor Penghambat di Bidang Ekonomi, Sosial, dan Pembangunan Infrastruktur

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam menjalankan pemerintahan, suatu Negara tidak akan lepas dari berbagai macam hambatan. Factor-faktor yang menjadi penghambat dalam bidang ekonomi, social, dan pembangunan infrastrukstur ialah sebagai berikut.

1. Pertumbuhan penduduk tinggi dengan tingkat pendidikan yang rendah

Pertumbuhan penduduk yang tinggi dapat menghambat laju pembangunan ekonomi manakala sumber daya manusia (SDM) tersebut tidak memilki kecakapan yang rendah. Kompetensi dan keterampilan yang mempuni dibutuhkan dalam menyerap lapangan pekerjaan. Meningkatnya jumlah penduduk akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat.

2. Kebanyakan ekspor berupa bahan mentah

Ekspor barang ke luar negeri didominasi oleh bahan mentah hasil pertanian, pertambangan, dan kehutanan. Permintaan ekspor bahan-bahan mentah lebih inelastic dibandingkan dengan barang-barang industry. Jika dibiarkan berkepanjangkan akan berdampak negative bagi laju pembangunan ekonomi. Hal itu mengakibatkan volume ekspor melemah sedangkan volume impor semakin meningkat.

Baca juga : Contoh Partisipasi Warga Negara dalam Bela Negara Menurut UU

3. Perekonomian bersifat dualistic

Perekonomian yang bersifat dualistic menjadi penghambat kemajuan ekonomi yang selanjutnya menyebabkan produktivitas dalam berbagai kegiatan produktif rendah. Selain itu usaha untuk melakukan perubahan dan inovasi produk pun sangat terbatas. Hambatan yang paling dikhawatirkan ialah terjadinya hambatan dualisme social dan teknologi yang akan berpengaruh besar dalam mekanisme pasar.

4. Pembentukan modal yang rendah

Hambatan ekonomi yang keempat ialah rendahnya pembentukan modal. Proses produksi masih dijalankan dengan tenaga manusia sehingga produktivitas rendah. Rendahnya produktivitas tersebut mengakibatkan penghasilan riil juga rendah. Pendapatan rendah menyebabkan tabungan menjadi rendah sekaligus tingkat investasi modal yang ditanam pun juga rendah.

5. Proses sebab akibat kumulatif

Proses sebab akibat kumulatif merupakan hambatan dalam hal pembangunan yang terjadi di daerah miskin sebagai akibat dari pembangunan di daerah maju. Hal ini menimbulkan kesenjangan yang cukup menonjol antara daerah maju dan miskin.

6. Korupsi merajalela

Hambatan bagi suatu Negara yang utama ialah korupsi. Para petinggi Negara seakan tidak peduli dengan amanah yang mereka emban untuk menyejahterakan rakyat sebagai dewan perwakilan. Jika saja para pemimpin dapat amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat, tentu Negara dapat makmur. Uang Negara dapat digunakan untuk membangun infrastruktur dan fasilitas-faslitas umum lainnya.

Hambatan Negara dalam Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional merupakan proses jual beli yang dilakukan antar Negara. Seringkali perdagangan internasional terkendala oleh peraturan pemerintah yang membatasi kegiatan ekspor dan impor barang. Berikut hambatan-hambatan yang seringkali terjadi dalam perdagangan internasional.

  1. Adanya perbedaan mata uang antar Negara
  2. Adanya kebijakan impor dari suatu Negara
  3. Kualitas tenaga kerja yang rendah
  4. Pembayaran produk antar Negara sulit serta beresiko tinggi
  5. Terjadinya perang
  6. Adanya kebijakan ekspor- impor

Hambatan-hambatan yang serng muncul akibat adanya kebikan ekspor- impor diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Dikenakannya tariff atau bea cukai.Tarif merupakan pembebanan pajak pada setiap produk yang dikirim melewati batas kenegaraan.
  2. Banyaknya barang yang diimpor dibatasi untuk menaikkan harga produk karena barang yang tersedia hanya sedikit.
  3. Diberlakukannya exchange control atau control devisa.
  4. Adanya subsidi yang diberikan oleh pemerintah terhadap produsen local.
  5. Adanya peraturan anti dumping

Referensi Tambahan:

  1. https://hedisasrawan.blogspot.com/2013/08/10-permasalahan-yang-terjadi-di-negara.html
  2. https://ekodedypurnomo.wordpress.com/faktor-faktor-penghambat-pada-proses-pembangunan/
  3. https://dewimayasari.wordpress.com/2011/04/23/hambatan-perdagangan-internasionalantar-negara/

Leave a Comment