hit tracker

Asas-Asas Hubungan Internasional dan Pengertian HI Menurut Ahli

Memahami pengertian hubungan internasional adalah suatu hal yang penting bagi setiap warga negara. Hal tersebut dikarenakan setiap orang tinggal dan hidup di suatu negara. Setiap komunitas pasti memiliki hubungan relasi, bukan? Begitu pula sama halnya dengan negara. Negara-negara di dunia ini pasti memiliki suatu relasi untuk memudahkan berkomunikasi.

Hubungan negara yang baik tidak hanya memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, mendapat informasi, ataupun meminta pertolongan. Maka negara sangat membutuhkan hubungan internasional untuk menjalin hubungan dengan negara lain. Lalu apakah sebenarnya hubungan internasional itu? Simak pengertian beserta hal-hal yang berkaitan sebagai berikut.

Aspek – Aspek Tentang Hubungan Internasional

Ada beberapa aspek yang perlu Anda ketahui ketika membicarakan tentang hubungan internasional. Hal-hal tersebut antara lain seperti pengertian, konsep, asas, dan aspek lainnya. berikut adalah pengertian Hubungan Internasional secara umum maupun berdasarkan pendapat para ahli.

Baca juga : Pengertian Hubungan Internasional (HI), Ruang Lingkup, Faktor dan Manfaatnya

Pengertian Hubungan Internasional secara Umum

Secara umum, hubungan Internasional yaitu hubungan suatu negara yang berdaulat dengan negara-negara lain di dunia dengan maksud untuk bekerja sama dalam berbagai bidang negara seperti politik, ekonomi, sosial budaya, dan bidang lainnya. Pengertian lainnya yaitu suatu bentuk hubungan antarnegara atau antarbangsa dalam menangani berbagai aspek-aspek negara.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Dibawah ini merupakan pengertian menurut pendapat beberapa ahli:

  1. C Johari
    Hubungan internasional adalah suatu hubungan interaksi antarnegara yang berdaulat dengan negara-negara lainnya yangmana pelaku non negara atau non states actors memiliki perilaku yang memberikan dampak penting dalam pelaksanaan tugas-tugas suatu negara.
  2. Charles A. Mc Clelland
    Hubungan negara adalah suatu hubungan yang mengelilingi interaksi antar negara untuk menciptakan keadaan-keadaan yang relevan.
  3. Suwardi Wiradmaja
    Hubungan internasional adalah suatu  ilmu sintesa yang bertujuan untuk menangani permasalahan internasional dengan cara menyatukan dan menggabungkan berbagai disiplin.
  4. John Lewis Gaddis
    Hubungan internasional adalah suatu kajian tentang hubungan negara yang diciptakan untuk membangun dunia yang lebih baik dan maju.
  5. Raymond Aron
    Hubungan Internasional adalah suatu interaksi antar negara antar bidang politik yang masing-masing negara berpendapat bahwa mereka berhak memutuskan keadilan dan menentukan untuk maju berperang ataupun tidak.
  6. Warsito Sunaryo
    Menurut Warsito Sunaryo, hubungan internasional memiliki arti suatu studi yang membahas tentang keadaan-keadaan yang mengelilingi interaksi dan jenis kesatuan-kesatuan sosial.

Asas-Asas Tentang Hubungan Internasional

Ada beberapa asas yang ditetapkan pada hubungan internasional. Hugo de Groot berpendapat bahwa hubungan internasional memiliki asas persamaan derajat yang bertujuan untuk kepentingan dan kebebasan suatu negara. Adapun asas-asas lainnya yang terkait dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Asas Kebangsaan
    Pada asas ini, seluruh warga negara memiliki hak diperlakukan sesuai dengan hukum negaranya walaupun berada di negara lain.
  2. Asas Teritorial
    Asas tersebut menyatakan bahwa negara memiliki hukum tentang suatu wilayah tertentu. Hal ini mencakup semua warga dan barang-barang yang ada didalamnya. Jadi, untuk bangsa atau warga yang berada diluar wilayah akan dikenakan hukum internasional.
  3. Asas Kepentingan umum
    Pada asas ini, negara memiliki wewenang untuk mengatur dan melindungi semua kepentingan warga negaranya yangmana tidak ada ikatan hukum pada batas-batas wilayah negara.

Sejatinya, hubungan internasional sendiri memiliki konsep yang berkaitan dengan subjek-subjek tertentu. Seperti contohnya pada organisasi internasional, hukum internasional, diplomasi, dan politik internasional. Contoh organisasi-organisasi internasional antara lain PBB, ASEAN, WTO (Organisasi Perdagangan) dan organisasi lainnya. Itulah beberapa aspek yang berkaitan tentang pengertian hubungan Internasional.

Referensi Tambahan:

  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hubungan_internasional
  2. http://www.artikelsiana.com/2015/11/pengertian-hubungan-internasional-asas.html?m=1
  3. https://www.sekolahpendidikan.com/2017/06/pengertian-hubungan-internasional.html?m=1#
  4. https://www.sekolahpendidikan.com/2017/05/pengertian-hubungan-internasional-dan.html?m=1#
  5. http://sosiologis.com/hubungan-internasional

Add Comment