Partisipasi Masyarakat untuk Mencegah Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara

Berbagai upaya untuk mencegah dan menangani berbagai pelanggaran terhadap hak dan pengingkaran kewajiban bangsa dan negara telah dilakukan berbagai pihak, namun tentu saja jika hal tersbeut tidak dibarengi itikad bersama bisa jadi akan sia-sia. Untuk itu, perlu kiranya membangun partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.

Membangun Partisipasi Masyarakat

Membangun partisipasi masyarakat sangat penting guna menciptakan keseimbangan yang terjadi di masyarakat, karena pemerintah saja tidak cukup dan kita perlu partisipasi masyarakat secara luas. Sayangna, tidak semua masyarakat sadar akan hal tersebut, karena itu masyarakat pelru dibangunkan, disadarkan, agar kita bisa hidup berdampingan dan penuh tooleransi bersama.

Baca juga : Makna, Hakikat Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Jika hal tersebut terjadi, kita sebagai bangsa Indonesia tentu akan dikenal sebagai bangsa yang memiliki sikap dan nilai-nilai yang luar biasa sebagai cerminan bangsa yang adiluhung.

Membangun partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara tentu saja tidak mudah, kendati nampak sederhana. Tetapi meski demikian, kita bisa memulainya dengan diri kita sendiri dan lingkungan kita berada seperti keluarga, sekolah, masyarakat secara umum, lingkungan kerja, dan berbagai lingkungan lainnya.

Partisipasi Warga Negara di Lingkungan Keluarga

Di lingkungan keluarga misalnya, kita bisa memulainya dnegan memberikan contoh yang baik kepada adik-adik kita, memberikan pengertian secara halus kepada orang tua kita, atau saudara-saudara kita yang belum mengerti. Jika di lingkungan keluarga sudah terbantuk, langkah selanjutnya di masyarakat atau di lingkungan di luar keluarga akan lebih mudah.

Partisipasi Warga Negara di Lingkungan Sekolah

Di lingkungan sekolah, kita bisa mengajak teman-teman kita dengan memberikan contoh, tidak sekadar ungkapan, ataupun perintah. Jika kita merupakan seorang pendidik, kita bisa ajarkan murid didik kita, dan rekan-rekan seprofesi kita tentu tanpa dengan menggurui mereka.

Baca juga : Subtansi Konsep Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Pancasila

Lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang tepat untuk mengajak masyarakat luas, memulai mengajak ke hal-hal yang baik, mencoba untuk menerapkan agar mereka baik pengajar maupun murid-murid untuk ikut berpartisipasi dalam mencegah terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.

Partisipasi Warga Negara di Lingkungan Masyarakat

Di lingkungan masyarakat kita berhadapan dengan lingkungan yang lebih luas, dan bahkan tidak terbatas seperti lingkungan keluarga dan di lingkungan sekolah. Namun di lingkungan masyarakat, kita mungkin akan dihadapkan dengan realitas secara langsung dan sedikit lebih komplek, untuk itu kita harus pandai-pandai dalam menyikapinya agar dalam proses mengajak kita tidak menggurui atau merasa lebih pintar, dan dipercaya serta diikuti oleh masyarakat di sekitar kita.

Jika posisi kita sebagai warga biasa kita bisa mendiskusikannya terleboh dahulu ide-ide kita, tujuan kita kepada warga yang memiliki kapasitas lebih untuk mengajak seperti pak RT atau kepala desa. Selain taktik dan strategy, kita juga perlu pengetahuan yang lebih luas, dimana pun, meski kita misalnya tidka memiliki kapasitas untuk mengajak masyarakat luas jika kita memiliki kemapanan dalam berpikir, pengetahuan yang luas, tentu orang akan lebih mudah percaya.

Baca juga : Tugas, Hak dan Kewaijban Pemerintahan Daerah Dalam Mewujudkan Tujuan Negara

Masyarakat yang lebih luas yakni lingkungan bvangsa dan negara, di sini posisi kita tidak terbatas seluruh Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara. Kita bisa melakuakn apa saja dalam proses mengajak orang lain ikut berpartisipasi dalam mencegah terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban.

Misalnya saja, kita bisa menulis di blog pribadi atau di website umum yang disediakan untuk menampung aspirasi kita sebagai warga masyarakat. Demikianlah upaya untuk membangun partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara

Leave a Comment