Pengertian Tantangan Bagi Negara Indonesia dan Jenis-Jenisnya

Pentingnya Tantangan Bagi Suatu Negara yaitu untuk menjadikan negara tersebut menjadi lebi maju atau lebih baik baik dari tahun ke tahun. Setiap negera memiliki tantangan masing-masing.

Tidak semua negara disamakan dengan negara yang lain. Hal ini tentunya di karenakan masing-masing negara memiliki ciri khas dan juga karakter masing-masing. Selain itu ideologi yang di miliki juga berbeda-beda. Tidak hanya negara saja, setiap warga dalam satu negara saja memiliki cara penyelesaian suatu masalah.

Pengertian Tantangan Bagi Negara

Tantangan suatu negara yaitu usaha-usaha yang dilakukan oleh suatu negara untuk menggugah masyarakat atau warganya untuk menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Seperti halnya ketika bermain bersama teman dengan permainan yang sama.

Tentunya jika sudah pernah mengalaminya akan memiliki strategi untuk lebih baik dari permainan yang sebelumnya. Tantangan bukanlah menjadi suatu hambatan atau batu sandungan bagi suatu negera. Tapi menjadi suatu hal menuju proses untuk menjadi lebi baik.

Baca juga : Pengertian Gangguan Bagi Suatu Negara dan Tujuan Negara Indonesia

Suatu negara tidak anya memiliki tantangan, tapi ada juga ancaman dan juga hambatan. Semua hal tersebut menjadikan proses suatu negara untuk lebih berfikir ke depan dari pada ke belakang. Untuk itu harus di tanamkan benar-benar cinta tanah air, agar jika terjadi sedikit masalah jangan sampai menjadikannya menjadi suatu hal adanya perpecahan. Menjadikan suatu maslah sebagai bahan utama dalam perbedaan ideologi adanya perpecahan.

Tantangan Pada Negara Yang Sedang Berkembang

Negara berkembang lebih banyak memiliki tantangan dari pada negera maju. Hal ini berkaitan dengan proses dalam menjalankan pembangunan suatu negara. Berikut ini beberapa tantangan bagi suatu negara berkembang.

1. Masalah pengangguran

Pengangguran memang menjadi suatu masalah yang belum bisa ditemukan solusi yang pasti. Sebenarnya ada solusinya, yaitu dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Namun hal ini juga tidak langsung bisa tercipta seperti halnya membalikkan tangan.

Perlu diketahui juga kondisi ekonomi yang ada di negara tersebut. Selaian itu di lihat juga kondisi masyarakat yang ada, tentunya kemampuannya harus sesuai dengan lapangan pekerjaan yang ada. Jadi percuma saja jika lapangan pekerjaan tersedia, namun tidak sesuai dengan kemampuan masyarakatnya.

Ada beberaoa jenis masalah pengangguran, yang pertama yaitu pengangguran terbuka. Pegangguran jenis ini menunjukkan bahwa tenaga kerja yang seharusnya bekerja tidak bekerja. Pengangguran terselubung, yaitu pengangguran yang terjadi karena adanya karyawan yang telah di putuskan hubungan kerjanya.

Hal ini menunjukan bahwa sudah bekerja hanya saja produktivitasnya rendah, sehingga menjadikannya harus kehilangan pekerjaan. Ketiga, pengangguran musiman yakni pengangguran yang terjadi karena pekerjaan yang dilakukan musiman seperti halnya musim tanam. Setelah selesai musimnya maka pekerjaan itu suda tidak ada.

2. Pelestarian lingkungan hidup

Adanya teknologi yang berkembang terkadang bisa menjadikan dampak buruk pada lingkungan. Jika lingkungan rusak tentunya akan berdampak pada generasi selanjutya. Untuk itu dalam menuju pembangunan perlu adanya pelestarian lingkungan hidup. Adanya peningkatan mutu hidup ini lebih berorientasi pada harkat dan juga martabat manusia sebagai insan ekonomi, politik, sosial dan juga individu yang memiliki jadi diri.

Baca juga : Pengertian Hambatan bagi Suatu Negara dan Masalah di Indonesia

Perlu adanya penerapan norma dan etika yang di lengkapi dengan nalar, akal dan juga pikiran yang harus mementingkan etika dalam kehidupan. Tantang ini menjadikan suatu proses pembangunan yang tidak hanya pada sektor ekonomi saja. Tapi, ada perubahan juga dari segi etika dan juga moral. Seperti halnya menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang di inginkan. Hal ini terjadi perubahan ekonomi tapi menurun pada hal etika.

3. Tantangan dalam bidang politik

Politik memang tidak akan pernah tertinggal dalam kehidupan bernegara. Politik memang sering bersinggungan dengan hal-hal yang terjadi di negara tersebut. Seperti halnya berkaitan dengan kebijakan yang akan di lakukan. Untuk itu politik menjadi prioritas dalam suatu negara.

4. Adanya pengusaan dalam bidang pengetahuan dan teknologi

Di era digital jangan sampai tertinggal dengan negara-negara lainnya. sekarang sudah memasuki kawasan globalisasi yang mana persaingannya semakin ketat. Untuk itu perlu adanya pengusaan teknolgi dan juga pengetahuan yang mutakhir. Untuk itu Pentingnya Tantangan Bagi Suatu Negara seperti halnya penguasaan teknolgi ini memang di perlukan.

5. Konfigurasi demografi

Tantangan yang berupa data kependudukan. Konfigurasi demografi ada tiga hal yaitu penduduk yang tergolong punakarya, penduduk yang belum saatnya untuk bekerja dan penduduk yang sudah masuk dalam angakatan kerja. Tantangan dari kependudukan adalah adanya stabilitas dari tiga golongan tersebut. Bagi yang sudah bekerja bisa menopang golongan yang belum bekerja.

Tantangan Yang Di Hadapi Bangsa Indonesia

Indonesia termasuk dalam negara yang berkembamg, tantangan yang di hadapi juga seperti halnya tantangan yang sudah di sebutkan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya bisa membaca pada paragraf selanjutnya.

1. Tantangan dalam bidang perdagangan dan jasa

Adanya perdagangan bebas yang kini sudah dijalankan di Indonesia menjadikan masyarakat lebih mencintai produk import dari pada produk negara sendiri. Hal ini terjadi karena produk luar negeri lebih berkulitas dari pada dalam negeri. Untuk itu perlu adanya peningkatan prduk dalam negeri yang sesuai dengan standart seperti halnya produk luar negeri. Jika import terus dilakuan akan menjadikan ancamna bagi neraca perdagangan yang ada di Indonesia.

2. Tantangan dalam bidang investasi

Indonesia sangat rentan dengan investasi karena masih tingginya exploitasion risk. Hal ini dikarenakan Indoensia masih kurang adanya regulasi dan juga aturan yang ketat. Sehingga menjadikan sektor-sektor riil seperti halnya pertambangan.

Baca juga : Contoh Partisipasi Warga Negara dalam Bela Negara Menurut UU

Mudah sekali lembaga asing untuk masuk dalam sektor tersebut dan mengeksploitasi alam. Dalam hal ini masyarakat tentu tidak bisa berbuat apa-apa. Jika sudah masuk dalam ranah lembaga maka yang berperan adalah pemerintahan itu sendiri.

3. Tantangan dalam bidang UMKM

Dalam Masayarakt ASEAN(MEA) harus dapat menciptakan perkembangan dan stabilitas ekonomi di wilayah ASEAN. Dalam hal ini UMKM Indoensia memiliki tantangan untuk dapat menciptakan produk yang berkualiats sesuai dengan standart di negara ASEAN.

Namun dalam menciptakan adanya produk yang standart sesuai dengan negara lainnya di butuhkan berbagi modal. Barang yang berkualitas memang berasal dari bahan yang berkualitas juga. Selai itu kurangnya pengetahuan dari pelaku UMKM untuk bisa memproduksi barang yang berkulitas. Untuk itu perlu adnaya solusi yang tepat agar Indonesia juga bisa menikmati hasil dari adanya MEA.

4. Tantangan dalam bidang ketenaga kerjaan

Indoensia masih tertinggal dari negara tetangga. Di kutip dari Republika, 2013 Indonesia menduduki peringkat ke-4 dalam hal produktivitas dan pendidikan. Peringkat tersebut tergolong aman. Namun, standart upah yang di berikan di Indonesia tergolong kecil. Sehingga jarang orang asing yang bekerja di Indonesia. Justru orang Indonesia bekerja di negera lain.

Demikian tadi tantangan yang di hadapi oleh suatu negara termasuk Indonesia. Perlu tahu Pentingnya Tantangan Bagi Suatu Negara agar ikut serta dalam pebangunan negara yang lebih maju dan lebih baik dari negara-negara lainnya. Harus bisa bersaing secara ekonomi, politik dna juga etika. Bisa menganut politik luar asalkan tetap terjaga etika dan juga norma yang sudah di pegang teguh. Jangan sampai menjadi ancaman bagi negaranya sendiri.

Referensi Tambahan:

  1. https://riezlioko.wordpress.com/2012/02/10/tantangan-utama-dalam-pembangunan-negara-berkembang-di-masa-depan/
  2. https://www.cermati.com/artikel/peluang-dan-tantangan-dalam-masyarakat-ekonomi-asean-mea

Leave a Comment